Aldania Rahmadiani - Pemaknaan Politik Pemilih Perempuan pada Pemilihan Umum Legislatif 2009 Kota Surabaya


Tugas Akhir/Skripsi Ilmu Politik
Disusun oleh: Aldania Rahmadiani
Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Politik
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Intisari:

Selama ini perempuan selalu ditempatkan pada posisi sub-ordinat dimana ada pembatasan-pembatasan atas ruang, peran dan posisinya di dalam masyarakat. Namun sekarang, dengan berjalannya era reformasi, telah ada perubahan akan peran dan posisi perempuan. Dimana kaum perempuan sekarang telah tegas dapat memperjuangkan hak-haknya. Termasuk di dalamnya adalah munculnya para calon legislatif perempuan pada Pemilihan Umum 2009.

Fenomena ini bukan tanpa sebab. Adanya quota keterwakilan perempuan 30 % memberikan peluang dan kesempatan pada perempuan untuk ikut terlibat di dalam proses politik sama seperti laki-laki. Memberikan kesempatan kepada perempuan untuk memperjuangkan dan meningkatkan peranannya di dalam ranah politik serta mensejajarkan kedudukan dengan laki-laki. Selain itu, hal ini juga menjadikan pembuktian bagi kaum perempuan, bahwa mereka memiliki kemampuan dan potensi yang sama besar dengan laki-laki. Namun dengan adanya hal ini, belum tentu mengubah paradigma masyarakat tentang peran dan posisi perempuan sebenarnya. Adanya tradisi dan budaya lama yang beranggapan bahwa perempuan tidak dapat menjabat atau memiliki kedudukan lebih dibanding laki-laki masih menjadi referensi masyarakat dalam memilih, terutama pemilih perempuan.

Penelitian ini bermaksud mengidentifikasikan bagaimana pilihan politik pemilih perempuan terbentuk serta meneliti bagaimana persepsi-persepsi mereka terhadap para calon perempuan yang ikut pemilihan umum legislatif 2009 lalu.

No comments:

Post a Comment